Hari Blogger Nasional, Nostalgia Para Mantan Blogger

27 Oct 2016

Setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Menurut beberapa tulisan di media online, pencanangan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional dilakukan oleh Muhammad Nuh; Menteri Komunikasi dan Informatika RI pada tanggal 27 Oktober 2007. Tahun 2016 ini berarti sudah 9 tahun para blogger memperingati Hari Blogger Nasional. Dan sudah 9 tahun sejarah Hari Blogger Nasional belum ada yang menulis di Wikipedia (baru ada di sini)

Tidak ada perayaan besar tiap tanggal 27 Oktober, perayaan kecil juga tidak ada. Mungkin harus ada yang mau sedikit repot membuat kepanitiaan dan mencari sponsor untuk merayakan Hari Blogger Nasional. Tujuan utama dicanangkannya 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional bukan untuk pesta makan-makan, tapi sebagai bentuk penghargaan kepada blogger yang telah memberikan konten positif bagi Indonesia.

Setiap 27 Oktober, ucapan “Selamat Hari Blogger Nasional 2016 sudah ngeblog kah hari ini?” seperti sebuah default template di media sosial. Seperti ada yang membangunkan dari tidur, blogger pun menulis kembali hari ini setelah blognya dibiarkan berdebu tak pernah disentuh.

Para mantan blogger pun nostalgia menuliskan pengalamannya menjadi blogger, memberi ucapan selamat, dan membuat kuis kecil-kecilan. Sungguh sebuah nostalgia yang indah… Dengan kesibukannya saat ini, para mantan sudah jarang ngeblog. Jangankan ngeblog, reuni dengan para blogger seangkatan pun susah terealisasi.

Tambahan:
Jika di Jogja tiap tanggal 14 Februari ada acara Festival Melupakan Mantan, apakan blogger harus membuat Festival Mengingat Mantan tiap 27 Oktober? Dimana para mantan (blogger), senior, dan yang masih setia dengan blognya bertemu, berbagi kisah nostalgia; kisah mantan blog yang ditinggalkan dan yang telah hilang, atau kisah mantan penulis idealisme hingga berubah menjadi penulis pesanan.

Siapa yang tidak ingin reuni, siapa yang tidak ingin bernostalgia? Mayoritas pasti ingin bertemu kembali, bercerita dan bercanda dengan teman lama, tapi mungkin para mantan sudah tidak kuasa mengkoordinir acara.

Seyogyanya para blogger muda-lah yang mengundang para mantan dan sesepuh blogger dalam acara Festival Mengingat Mantan, meminta nasehat dan wejangan mereka bagaimana menjadi blogger yang baik bagi nusa dan bangsa.

Zaman memang sudah berubah, jika dahulu judul blog yang baik hanya terdiri dari 5-8 kata dengan kandungan 5W1H. Sekarang judul skripsi dan thesis lebih menarik dewan juri lomba blog, meskipun isinya tak seindah judulnya.

Disinilah kami blogger cupu, ingin mendapatkan wejangan dari para mantan dan blogger senior; bagaimana prospek pekerjaan sebagai blogger, bagaimana sebenarnya menulis blog yang baik, bagaimana agar blogger tidak dituntut UU ITE, atau jalan terjal apa yang dilewati blogger; karena selama ini blogger hanya dipandang sebelah mata para calon mertua.

Lepas dari itu, blogger itu sendirilah yang menentukan sikap akan menjadi blogger seperti apa. Blogger idealis biasanya tidak berpunya, blogger materialis akan menerima semua tawaran yang sampai kepadanya. Terserah mau jadi blogger apa, asalkan tetap menjaga agama, Pancasila, dan tidak memperburuk citra dan memecah belah bangsa Indonesia.

=====

Saya berterima kasih kepada para senior dan mantan, yang telah membuka jalan dicanangkannya 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Blogger pun sekarang bisa menjadi profesi, atau setidaknya menjadi batu loncatan karir ke jenjang yang lebih tinggi.

Hari ini, kita bisa sejenak melepas kepenantan, mengenang awal-awal menjadi blogger, mengenang blogger belum menjadi profesi dan menghasilkan uang; dengan menuliskannya di blog masing-masing.

Para mantan, kapan kita reuni?


TAGS komunitas blogger Hari Blogger Nasional BloggercampID


-

Author

Follow Me

Recent Post

Recent Comments