Kembalinya Blogdetik ke Mesin Pencarian Google

20 Oct 2016

Ingat tulisan saya April 2016 lalu? Jika belum baca, silahkan simak di sini. Tidak banyak yang baca, sampai tulisan baru ini dipublish, tulisan tersebut hanya 81 kunjungan menurut statistik Blogdetik. Ada beberapa yang komentar di tulisan berjudul “Blogdetik yang ditinggalkan Mesin Pencari”, tapi hanya notifikasi email yang saya dapat. Semua komentarnya tidak muncul di artikel, hmmm… tanyakan admin ya hehehehe..

Hingga lomba blog Filter Sakura yang berakhir 26 Agustus 2016 lalu, tulisan-tulisan di Blogdetik belum terindeks lagi di mesin pencarian Google. Karena saya termasuk salah satu peserta lomba blog, saya sering mencari di Google; judul artikel yang dilombakan. Hasilnya nihil, kans untuk menang lomba tinggal 1% disebabkan artikel tidak terindeks Google. Saya sudah tahu besarnya resiko tidak menang, tapi saya tetap mempublishkannya di Blogdetik; bukan di blog dengan domain TLD.

Mulai Muncul di Opera Mini
Jika anda pengguna Opera Mini, dahulu pasti tidak bisa membuka Blogdetik. Pernah saya sampaikan kepada admin socmed Opera Indonesia, tapi jawabannya dia bisa membuka Blogdetik di Opera Mini. Ya… mungkin sih kalau bukanya menggunakan IPhone wkwkwk, karena admin tersebut reply dengan Twitter for Iphone… dan saya tidak memilikinya.

Teman saya juga pernah bertanya, “Nggak pernah nulis blog lagi?” Dengan enteng saya jawab, “Pasti bukanya pake Opmin ya.. ” Dia hanya ketawa mendengar jawaban saya.

Jadi, image yang terbangun adalah “Tidak bisa dibuka di Opera Mini = Tidak terindeks Google”. Entahlah dengan kebenarannya.

Beberapa waktu lalu, kak Meli menyeletuk di Twitter:

Merasa punya blog di Blogdetik, sayapun mencoba membuka Blogdetik di Opera Mini, hasilnya kurang lebih seperti ini:

Blogdetik di Opera Mini.

Diambil pada 29 September 2016, tampilan Blogdetik di Opera Mini seperti itu… Not bad karena sebelumnya tidak bisa dibuka sama sekali.

Kembali Ke Mesin Pencari
Selanjutnya pada 26 September 2016 ada yang berkomentar di tulisan April 2016 di atas (tapi komentar tidak ada sama sekali di dashboard)

Capture notifikasi di email.

Sayapun mengklik tautan yang diberikan komentator, dan hasilnya benar! Blogdetik sudah terindeks Google lagi…

Setelah klik tautan tersebut.

Patut disyukuri, setelah sekitar 6 bulan dicuekin Google akhirnya tulisan-tulisan di Blogdetik kembali muncul di Google. Kabar gembira ini perlu disebarkan agar semangat ngeblog di Blogdetik kembali bergelora. Semakin banyak tulisan Blogdetik terindeks Google, semakin sering menulis di Blogdetik, semakin banyak pula perusahaan yang mempercayakan Blogdetik mengadakan lomba blog…

Setuju kan? Hehehehe


TAGS blogger komunitas opini


-

Author

Follow Me

Recent Post

Recent Comments