Penggunaan Judul Bombastis Harian Regional

21 Jan 2015

Saya kurang mengerti jalan pikiran penulis dan redaktur harian regional, kenapa mereka menulis judul demikian bombastis dan (terkadang) vulgar. Judul-judul tersebut biasa saya temui di website resmi mereka, tapi tidak selalu dimuat di harian koran mereka. Tidak adakah kalimat yang lebih elegan untuk menggantikan judul-judul seperti di bawah ini?

Judul bombastis harian regional.

Judul bombastis harian regional.

Apakah judul-judul tersebut mengundang orang untuk membaca beritanya? Hanya mereka yang tahu, saya tidak punya akses analitik halaman web mereka. Setidaknya judul-judul seperti itu bisa menjadi bahan tulisan di blog :mrgreen: .

Lalu bagaimana dengan isi beritanya? Isi berita tak sebombastis judulnya, namun menurut saya kadang penyampaiannya vulgar ketika memberitakan kecelakaan. Jika korban mengalami luka berat, akan berita secara rinci bagaimana kecelakaan bisa terjadi. Mungkin sebagian pembaca berita tersebut merasa ngeri, apalagi ditambah rincian luka dan organ tubuh yang posisinya tidak pada tempat semestinya setelah terjadi kecelakaan.

Celakanya RT saya berlangganan harian ini, dan saya yang mendapat tugas mengambilnya dari loper :) . Di beberapa wilayah DIY memiliki program koran dinding seperti di RT saya. Pengurus RT atau dusun berinisiatif untuk berlangganan koran dengan biaya swadaya. Jika saya menemui judul-judul yang provokatif atau vulgar biasanya koran tidak saya pasang, takut pembaca koran dinding akan mendapat dampak masif, sistemik, dan terstruktur.

Referensi:
- Pingsan
- Mati
- Terbirit-birit
- Menancap
- Kukut
- Terlindas
- Terkapar


TAGS sebal


-

Author

Follow Me

Recent Post

Recent Comments